Makanan Enak yang Mudah Dibuat di Saat Hujan

Makanan di Saat Hujan

Ada kalahnya makanan di rumah tidak tersedia, tetapi keadaan di luar rumah lagi tidak memungkinkan untuk keluar (hujan). Disaat seperti ini kita harus memutar otak untuk mendapatkan makanan. Untuk menghadapi situasi seperti ini Anda dapat membuat sendiri makanan yang cepat saji yang bisa Anda coba di rumah. Tak perlu ragu akan rasa, makanan cepat saji ini sudah banyak dikomsumsi di saat cuaca hujan. Selain enak, makanan ini juga mudah untuk dibuat.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa disiapkan di rumah sebagai makanan cepat saji disaat sulit keluar rumah.

1. Mie

Mungkin ini adalah makanan yang paling mudah untuk dibuat di rumah. Bahan baku yang sudah tersedia lengkap dengan bumbu dan sudah banyak tersedia di pasaran dengan jenis dan rasa yang berbeda membuat mie menjadi pilihan yang paling mudah untuk dibuat. Tersedia jenis mie rebus ataupun mie goreng. Cara memasaknya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan kompor untuk memanaskan air bila ingin direbus, memanaskan minyak bila ingin digoreng. Mie bisa dimakan menggunakan nasi atau tanpa nasi. Jadi sangat mudah untuk dibuat bila ingin memakan makanan yang cepat saji.

2. Tahu

Makanan satu ini sebenarnya tidak direkomendasikan untuk dijadikan makanan yang mudah dibuat di rumah bila ingin distock. Karena tahu termasuk makanan yang memiliki jangka waktu pendek, tidak bisa disimpan selama berhari-hari. Akan tetapi tahu bisa dijadikan pilihan bila membeli lagi bukan jadi masalah. Tahu dapat dimasak dengan direbus atau digoreng. Kebanyakan orang akan menggoreng sebagai cemilan atau teman makan dengan nasi. Cara mengorengnya juga cukup mudah, dengan hanya memberi bumbu berupa garam. Tahu bisa dimakan dengan atau tanpa nasi.

3. Tempe

Tempe juga termasuk makanan yang memiliki jangka waktu yang pendek. Seperti halnya tahu, tempe juga bisa dimasak dengan cara direbus ataupun digoreng. Kebanyakan orang juga akan memasak dengan cara menggoreng. Menggorengnya juga cukup mudah, Anda hanya perlu memotong beberapa bagian tempe sesuai keinginan, lalu dicampur garam atau penyedap rasa untuk menambah cita rasa tempe. Tempe bisa juga dimakan dengan atau tanpa nasi.

4. Singkong

Umbi-umbian yang satu ini sangat mudah dibuat. Anda hanya cukup membersihkan bagian luar sinkong sampai hanya tersisa inti dari singkong, lalu singkong dapat dipotong sesuai keinginan. Singkong dapat direbus atau digoreng. Baik direbus ataupun digoreng singkong tetap enak dikomsumsi, apalagi dikomsumsi disaat hujan. Untuk waktu memasak singkong memang butuh waktu lebih lama dibandingkan mie atau tempe, tapi tetap jadi pilihan untuk sesuatu yang mudah dibuat di rumah.

5. Kentang

Sama seperti singkong, kentang juga harus dibersihkan terlebih dahulu bagian kulit luarnya, barulah dapat dipotong-potong sesuai keinginan. Kentang bisa dimasak dengan direbus atau digoreng. Biasanya orang akan memotong kentang dengan ukuran yang kecil sebagai cemilan bila ingin digoreng. Kentang mungkin bukan jenis makanan cepat saji yang cocok dimakan dengan nasi. Jadi untuk memastikan kebutuhan, Anda bisa memasaknya dalam jumlah banyak.

6. Pisang

Kalau buah satu ini tidak perlu diragukan lagi, sudah banyak kita temui sebagai jajanan di luar sana. Cara memasaknya bisa dengan direbus ataupun digoreng. harga yang murah menjadinya sebagai makanan cepat saji yang bisa disimpan dalam jumlah banyak. Sayangnya waktu yang dibutuhkan untuk menyimpan pisang tidak terlalu lama, pisang akan busuk bila disimpan dalam waktu lama. Tapi bukan jadi masalah bila hanya disimpan dalam waktu satu pekan, Anda bisa membeli yang baru lagi disaat waktu yang tepat.

7. Jagung

Untuk makanan yang satu ini biasa hanya direbus atau dibakar. Karena waktu dan alat yang kurang memadai di rumah untuk dibakar, maka biasanya kita akan merebusnya. Jagung sangat mudah dimasak dengan cara direbus. Anda hanya perlu menyiapkan air yang dipanasi dan memasukan jagung di dalamnya. Anda bisa menambahkan sedikit garam sebagai penyedap rasa. Jagung rebus sangat enak dimakan disaat masih hangat.

Untuk mengantisipasi sulitnya mencari makanan disaat hujan, Anda bisa menyiapkan beberapa bahan baku di atas sebagai makanan cepat saji yang mudah dibuat. Bahan baku tersebut bisa dimasakan dengan cara direbus ataupun digoreng, sesuai selerah yang Anda inginkan. Dengan cara ini Anda akan tak lagi harus berpikir keluar rumah mencari makanan disaat musim hujan. Tetap cari informasi tentang makanan cepat saji agar Anda tetap bisa menjaga pola makan yang baik untuk kesehatan.

Post a Comment