Resep Dendeng Kerbau Pedas Gurih: Lezatnya Kebangetan!

Dendeng kerbau pedas adalah sebuah hidangan tradisional yang berasal dari Indonesia. Dendeng adalah sejenis daging yang dipotong tipis, kemudian dikeringkan dan diasinkan. Dalam hal ini, dendeng kerbau merujuk pada daging kerbau yang diproses menjadi dendeng. Dalam proses pengeringan, daging kerbau yang segar dipotong menjadi lapisan tipis-tipis dan kemudian diasinkan atau diasap.

Pengolahan daging menjadi dendeng memiliki proses yang panjang dan tidak biasa. Dikarenakan belum adanya tempat untuk mengawetkan makanan, maka orang zaman dulu melakukan pengawetan dengan menggunakan garam dan beberapa rempah agar lebih tahan lama dan juga memiliki rasa yang enak. Seperti yang kita tahu bahwa garam adalah salah satu bumbu dapur yang paling utama dalam menciptakan rasa dan membuat makanan awet dalam kurun waktu lebih lama.

Di tempat saya khususnya Sulawesi Selatan, daging yang dikeringkan ada 2 cara yaitu dikeringkan lewat sinar matahari dan dengan proses pengasapan. 

Pengasapan dilakukan untuk membuat daging lebih cepat kering, dan biasanya rasanya lebih khas karena ada aroma asap dari daging tersebut, dan ini bisa kering hanya dalam satu malam dengan asap yang stabil. Berbeda lagi jika dilakukan dengan bantuan sinar matahari, tentu ini akan memakan waktu yang lebih panjang, jika matahari sangat terik bisa kering dalam 3 hari. Dilakukannya pengeringan seperti ini agar bakteri tidak cepat menempel pada daging segar dan kemudian mengalami pembusukan.

Banyak daging yang bisa dijadikan dendeng seperti daging rusa, babi, kerbau, sapi dan masih banyak lagi lainnya. Dendeng dengan rasa terbaik yaitu dilakukan dengan sangat telaten dan akan memiliki cita rasa tersendiri.

Kita sering kali menjumpai beberapa tempat dan makan makanan yang sama, namun berbeda rasa, itu karena di tiap masakan, memiliki ciri khas si pengolahnya. "You may find the same place but not the memories_F.F".

Proses Pengawetan

Bahan-bahan:

  • Daging kerbau atau sapi
  • Garam secukupnya
  • Bawang putih (haluskan)
  • Daun jambu biji (bisa skip)
  • Ketumbar secukupnya
  • 3 sendok makan air nira manis (bisa skip)

Langkah-langkah:

  1. Daging kerbau dipilih yang bagus dan segar, kemudian diiris tipis-tipis dengan ketebalan yang sama.
  2. Haluskan daun jambu dan ketumbar.
  3. Siapkan wadah lalu masukkan daging, bawang putih, lalu bahan yang telah di haluskan tadi, tambahkan garam dan air nira.
  4. Oleskan satu per satu ke lembaran daging agar rata dengan bumbu.
  5. Tutup wadah diamkan 1 jam agar bumbu meresap ke dalam daging.
  6. Siapkan nampan atau nyiru untuk menata daging di atasnya.
  7. Keringkan di bawah sinar matahari alami sampai benar-benar kering. Setelah itu, daging yang telah dibumbui dijemur di bawah sinar matahari selama beberapa jam hingga kering dan empuk. Jemur dendeng dengan sinar matahari alami akan membuat daging menjadi empuk dan menghasilkan rasa yang lebih khas. Kemudian, dendeng diolah lagi dengan digoreng, dipanggang atau direbus sebelum disajikan.

Proses Pengolahan

Bahan-bahan:

  • Dendeng
  • 3 siung bawang putih (haluskan)
  • 2 siung bawang merah (haluskan)
  • 7 buah cabai rawit (haluskan)
  • 1 butir kemiri (haluskan)
  • 1 bungkus kaldu bubuk rasa sapi
  • Jahe digeprek secukupnya
  • air secukupnya.

Langkah-langkah:

  1. Siapkan panci untuk merebus dendeng, masukkan air, kemiri dan 1 siung bawang putih rebus dendeng hingga lunak.
  2. Potong dadu dendeng, tumis bawang putih, bawang merah, cabai dan jahe. Bumbu ini akan memberikan cita rasa yang khas dan pedas pada dendeng.
  3. Masukkan dendeng aduk-aduk tambahkan kaldu rasa sapi dan sedikit garam.
  4. tutup sebentar agar bumbu meresap dengan sempurna lalu angkat.
  5. Dendeng kerbau pedas gurih siap dihidangkan.

Tips: Agar dendeng tidak keras saat dikonsumsi, ada baiknya daging direbus saja alih-alih menggoreng yang akan membuat tekstur daging menjadi tambah keras.

Dendeng kerbau pedas gurih biasanya disajikan sebagai lauk pendamping nasi atau sebagai camilan. Rasanya yang gurih dan pedas membuatnya cocok sebagai teman makan nasi atau sebagai cemilan ketika sedang menemani aktivitas sehari-hari. Selain itu, dendeng ini juga sering dijadikan ole-ole khas Toraja bagi wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Selatan. Dendeng kerbau pedas juga bisa dijadikan camilan yang enak dan praktis untuk dibawa bepergian. Hidangan ini juga bisa ditemukan di restoran atau warung makan yang menyajikan masakan Indonesia.

Selamat mencoba, enjoy your day 😊

2 comments

  1. Wah ada menu baru buat lebaran nich 😊😊😊 buat penambah penghias meja😊😊😊
    Teruma kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya silahkan dicoba ya, terima kasih sudah berkunjung ☺

      Delete