Roti Bakar Manis: Sarapan Praktis dan Lezat untuk Keluarga

Roti bakar manis adalah salah satu cemilan ringan yang biasa kita temui di beberapa tempat. Selain rasanya dan cara membuatnya yang mudah, cemilan satu ini bukan hanya bisa dikonsumsi untuk sarapan pagi tapi sangat praktis untuk kita bawa kemana-mana dan bisa dikonsumsi dimana pun, lagi jalan, di atas kendaraan, sambil bekerja pun semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Inilah kenapa semakin berkembang varian rasa roti bakar yang sekarang banyak kita temui di supermarket atau kedai-kedai kecil.

Roti bakar sendiri pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada abad ke-16 oleh negara Belanda yang datang ke Indonesia untuk mencari rempah-rempah. Sudah tahu kan... dari sejak dulu negara kita ini kaya akan rempah-rempah hingga sekarang. Tak heran jenis masakan kita tidak luput dari bahan rempah tersebut.

Dengan membuat roti bakar manis rumahan, Anda dapat menikmati hidangan yang lezat, sehat, dan disesuaikan dengan selera Anda. Anda juga dapat mengontrol bahan dan menciptakan variasi rasa yang berbeda setiap kali membuatnya. roti bakar yang dulunya isinya hanya ada selai cokelat, mentega, dan meses sekarang sudah lebih bervariasi, seperti sandwich, roti bakar pisang, roti-O, roti bakar green tea, roti gulung dan lain sebagainya. Dari sini kita bisa lihat betapa kreatifnya para pengembang usaha, untuk menarik konsumennya untuk merasakan hal-hal baru dari kreasi mereka. Ya.... pecinta roti tidak pernah kehabisan ide untuk menciptakan inovasi-inovasi terhadap masyarakat yang juga sangat mengapresiasi hasil karya mereka.

Mengapa Roti Bakar Rumahan?

Bahan dan Rasa

Dengan membuat roti bakar manis di rumah, Anda memiliki kendali penuh atas bahan yang digunakan. Anda dapat memilih roti berkualitas tinggi dan mengatur takaran mentega dan gula pasir sesuai dengan selera Anda. Anda juga dapat menambahkan berbagai topping atau selai sesuai keinginan Anda, sehingga dapat menciptakan variasi rasa yang berbeda setiap kali membuat roti bakar.

Lebih Sehat

Dibandingkan dengan roti bakar manis yang dijual di luar, membuatnya sendiri memungkinkan Anda mengurangi jumlah mentega atau gula pasir yang digunakan. Anda dapat menggunakan mentega dalam jumlah yang lebih sedikit atau mencoba bahan pengganti yang lebih sehat seperti margarin rendah lemak atau almon mentega. Anda juga dapat memilih gula pasir yang lebih rendah atau menggunakan pemanis alami seperti madu.

Fleksibilitas Dalam Kreativitas

Membuat roti bakar manis di rumah memberikan fleksibilitas dalam menambahkan variasi rasa dan topping. Anda dapat bereksperimen dengan berbagai selai seperti selai kacang, selai stroberi, selai cokelat, atau menciptakan kombinasi unik sesuai dengan selera Anda.

Menyenangkan

Membuat roti bakar manis di rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Anda dapat melibatkan anggota keluarga atau teman-teman dalam proses pembuatan dan menikmati hasilnya bersama-sama. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan roti bakar dengan preferensi rasa dan penampilan yang unik, sehingga memberikan kepuasan pribadi ketika berhasil membuat roti bakar yang lezat.

Saya sendiri dari dulu sangat suka membuat roti yang sederhana, untuk  menemani minum kopi pagi saya sebelum memulai pekerjaan. Kopi dan roti adalah teman yang pas bukan? saya membuatnya di sore hari agar bisa dikonsumsi pagi hari, karena roti butuh waktu untuk mengembang sebelum dipanggang. Saya memanggangnya di atas double pan. Roti sederhana sendiri kadang hanya butuh 5 bahan saja untuk membuatnya yaitu tepung terigu, telur, gula, ragi, susu, jika ingin lebih lembut dan wangi tinggal sedikit menambahkan mentega. Kebanyakan saya membuat roti bakar manis rumahan enak yang menurut saya ini langkah terbaik untuk memulai hari.

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung terigu
  • 30 gram gula pasir
  • 4 gram ragi instant
  • 1 sachet susu bubuk full cream
  • 1 butir telur ayam
  • 15 gram mentega
  • 70 ml susu segar
  • 1/2 sendok teh garam

Langkah-langkah:

  1. Masukkan tepung terigu, gula pasir, ragi instant dan susu bubuk full cream ke dalam wadah aduk-aduk sampai tercampur rata.
  2. Tambahkan telur, lalu mixer setelah tercampur tambahkan mentega, susu segar, dan garam lalu mixer sampai kalis.
  3. Tutup dengan kain selama 2 jam hingga mengembang dengan sempurna.
  4. Setelah itu cetak sesuai keinginan, lalu diamkan selama 30 menit.
  5. Masukkan roti ke dalam oven yang telah dipanaskan, atau bisa juga menggunakan double pan seperti yang saya gunakan.
  6. Tunggu sampai roti bakarnya mengembang dan berwarna kuning keemasan, lalu keluarkan dari dalam oven atau double pan.
  7. Roti bakar manis rumahan enak dan mudah ini siap untuk disajikan.

Roti bakar manis bisa juga dimakan ditemani dengan berbagai varian topping sesuai dengan selera anda.

Tips: Jika ingin lebih cepat membuat roti mengembang, bisa dibawah sinar matahari dengan menutup kain basah yang bersih.

Selamat mencoba! 😊

Post a Comment