Rahasia Kelezatan Mie Ayam Rumahan yang Bikin Nagih

Mie ayam rumahan enak adalah hidangan mie ayam yang disajikan di rumah dengan bumbu dan rempah-rempah yang segar dan berkualitas. Mie ayam tentu sudah tidak asing lagi kita jumpai dimanapun dan mudah kita temukan. Ya... mie ayam sendiri berasal dari negara China atau biasa kita sebut negeri tirai bambu, namun cita rasa yang disajikan tentu tidak sama, dikarenakan rasa yang sekarang kita kenal itu sudah menyesuaikan lidah orang Indonesia. 

Mie ayam memang menjadi salah satu makanan yang selalu dinantikan bagi banyak orang. Rasanya yang lezat dan nikmat membuatnya menjadi hidangan favorit yang sulit untuk ditolak.

Mie ayam yang enak dan khas rasa rumahan memang bisa membawa kita kembali ke suasana kampung halaman atau rumah tercinta yang selalu dirindukan.

Bagaimana Mie Ayam Rumahan Bisa Menjadi Enak?

Mie yang Berkualitas

Pilihlah mie yang berkualitas baik, seperti mie telur atau mie kuning yang lezat. Anda juga bisa menggunakan mie kering atau mie basah, sesuai dengan preferensi Anda.

Kuah yang Lezat

Kuah mie ayam rumahan biasanya dibuat dengan kaldu ayam yang kaya rasa. Anda bisa menggunakan tulang ayam, daging ayam, atau campuran keduanya untuk membuat kaldu yang gurih. Tambahkan bawang putih, jahe, daun bawang, dan rempah-rempah lainnya untuk memberikan aroma dan cita rasa yang khas.

Ayam yang Lembut

Potong ayam menjadi bagian-bagian kecil dan rebus dengan bumbu seperti jahe, bawang putih, dan kecap manis hingga ayam matang dan empuk. Anda bisa memilih menggunakan daging ayam paha, dada, atau campuran keduanya sesuai selera.

Topping Variatif

Tambahkan berbagai topping yang membuat mie ayam semakin lezat. Seperti iris tipis daging ayam yang dimasak tadi, jamur, daun bawang, irisan telur rebus, atau pangsit goreng. Anda juga bisa menambahkan kecap manis, saus cabai, atau minyak wijen untuk memberikan variasi rasa.

Pelengkap Tambahan

Mie ayam biasanya disajikan dengan tambahan seperti pangsit rebus atau pangsit goreng. Anda juga bisa menambahkan bakso, irisan sayuran seperti kol, sawi, atau taoge, dan bahkan taburan bawang goreng untuk memberikan tekstur dan cita rasa yang berbeda.

Cita Rasa Personal

Setiap orang memiliki preferensi rasa yang berbeda. Sesuaikan bumbu dan rempah-rempah yang digunakan sesuai dengan selera pribadi Anda. Jika suka pedas, tambahkan cabai rawit atau sambal sesuai keinginan.

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam (pisahkan kulit untuk minyak ayam)
  • 17 siung bawang putih
  • 15 siung bawang merah
  • 6 batang serai (digeprek)
  • 1 sendok makan ketumbar utuh
  • 3 ruas jahe (digeprek)
  • 1 ruas lengkuas (digeprek)
  • 2 butir kemiri (haluskan)
  • 3 lembar daun salam
  • 2 bungkus kaldu ayam
  • 8 batang daun bawang
  • 1 sendok teh kunyit halus
  • 1 sendok makan Minyak wijen
  • 3 sendok makan Kecap asin
  • 2 sendok makan Saus Tiram
  • Kecap manis secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya

Langkah-langkah:

Minyak Ayam:

  1. Masukkan 1 gelas minyak goreng ke dalam wajan.
  2. Masukkan kulit ayam dan lemak yang telah dipisahkan tadi, ketumbar, 2 btng serai, 1 jahe, 6 bawang putih geprek, 6 bawang merah potong tebal.
  3. Goreng dengan api sedang agar tidak hangus.
  4. Setelah kuning keemasan, angkat lalu saring minyaknya.

Tumis Ayam:

  1. Potong dadu daging ayam pisahkan tulangnya.
  2. Haluskan 7 siung bawang putih, 7 siung bawang merah, dan kemiri.
  3. Tumis bahan yang telah dihaluskan, masukkan 1 ruas jahe dan lengkuas kemudian ayam dan sebagian tulang.
  4. Aduk-aduk sambil memasukkan garam, 1bungkus bubuk kaldu, merica, kunyit, kecap asin,saos tiram dan minyak wijen, lalu aduk hingga bumbu meresap ke dalam daging ayam.
  5. Tambahkan air hingga air menutupi ayam, masukkan 2 lembar daun salam, masak selama 45 menit hingga kental/air menyusut.
  6. Masukkan irisan daun bawang dan kecap manis sesuai selera.
  7. Aduk-aduk lalu angkat.

Kuah Ayam:

  1. Masukkan 1 liter air ke dalam panci, masukkan tulang ayam dan ceker, jahe dan 3 daun bawang utuh, masukkan 2 bawang putih geprek.
  2. Tambahkan garam dan bubuk kaldu ayam.
  3. Iris 4 bawang merah dan cacah 2 bawang putih lalu goreng hingga kuning keemasan.
  4. Setelah kuah mendidih masukkan bawang yang telah digoreng tadi aduk-aduk, test rasa lalu angkat.

Racikan:

  1. Siapkan mangkok, masukkan minyak ayam secukupnya, kecap manis dan garam, tambahkan kuah kental tumisan ayam tadi secukupnya, lalu campurkan.
  2. Masukkan mie aduk-aduk, masukkan tumisan ayam tadi, lalu kuah ayam.
  3. Tambahkan topping sesuai selera.
  4. Sajikan mie ayam dengan kuah yang gurih dan panas serta taburan bawang goreng dan seledri untuk memberikan rasa dan aroma yang lebih nikmat.

Untuk membuat mie ayam enak rumahan dan gurih, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, antara lain: Pilih mie yang berkualitas baik dan sesuai dengan selera Anda,rebus mie dengan air mendidih selama kurang lebih 3-5 menit, tergantung dari ketebalan mie.

Penggunaan bahan-bahan segar dan teknik memasak yang tepat juga akan mempengaruhi hasil akhir mie ayam rumahan. Eksperimen dan penyesuaian resep sesuai dengan selera pribadi merupakan hal yang dianjurkan untuk menciptakan mie ayam rumahan yang enak.

Selamat mencoba! 😊

2 comments