Ayam Goreng Daun Seledri: Perpaduan Renyah, Pedas, dan Gurih

Ayam Goreng Daun Seledri: Perpaduan Renyah, Pedas, dan Gurih

Ayam goreng pedas dengan daun seledri adalah hidangan yang menggugah selera dan nikmat. Ayam goreng pedas ini terkenal karena rasa pedasnya yang menggigit dan aroma harum dari daun seledri yang segar. Mari kita ceritakan tentang proses pembuatan dan sensasi menikmati hidangan ini. Ayam goreng pedas dengan daun seledri biasanya disajikan sebagai hidangan utama dalam masakan Asia, terutama di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Ayam goreng pedas dengan daun seledri ini sangat cocok disajikan sebagai hidangan utama di meja makan keluarga atau saat berkumpul bersama teman-teman. Kombinasi antara rasa pedas yang menggigit dan kelezatan ayam goreng yang lezat, ditambah dengan keharuman daun seledri yang menyegarkan, menjadikan hidangan ini sebagai pilihan yang tak terlupakan. Setiap suapan akan menggugah selera Anda dan meninggalkan keinginan untuk mencicipi lebih banyak lagi.

Ayam goreng pedas dengan daun seledri adalah hidangan ayam goreng yang diberi bumbu pedas dan ditambahkan potongan daun seledri sebagai garnish atau penyedap. Daun seledri umumnya digunakan untuk memberikan aroma dan rasa segar pada hidangan.

Dimulai dengan sepotong ayam segar yang dipotong-potong menjadi bagian yang lebih kecil, seperti paha, dada, atau sayap. Potongan ayam ini kemudian direndam dalam campuran bumbu yang menggoda. Bumbu ini terdiri dari rempah-rempah seperti cabai merah yang dihaluskan, bawang putih, jahe, garam, dan merica. 

Bahan-bahan:

  • 1/2 kilo gram ayam (potong agak besar)
  •  2 buah bawang putih (haluskan)
  • 15 batang daun seledri 
  • 1 butir telur
  • 6 sendok makan tepung bumbu pedas
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • Garam secukupnya 
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya.

Langkah-langkah:

  1. Bersihkan daging ayam.
  2. Ayam kemudian dibiarkan meresap dalam bumbu ini selama beberapa waktu, agar citarasa bumbu dapat meresap ke dalam daging. Marinasi selama 10 menit.
  3. Siapkan wadah untuk adonan campuran telur, tepung bumbu, tepung terigu,tambahkan air lalu aduk-aduk hingga mengental,sisihkan.
  4. Tambahkan irisan daun seledri. Daun seledri memberikan aroma segar dan tambahan rasa yang menyegarkan dalam setiap gigitan. Daun seledri dapat diiris halus dan ditaburkan di atas ayam goreng pedas, atau digunakan sebagai hiasan di sekitar hidangan.
  5. Panaskan wajan dengan api sedang, lalu celupkan  daging satu per satu kedalam adonan kemudian goreng.
  6. Angkat setelah matang dan kuning keemasan.
  7. Ayam goreng pedas dengan daun seledri siap untuk dihidangkan. Taburi Ayam goreng pedas ini dengan daun seledri yang segar.

Saat pertama kali mencicipi ayam goreng pedas dengan daun seledri ini, sensasinya sungguh memukau. Gigitan pertama akan mengungkapkan kombinasi rasa pedas dan gurih dari bumbu ayam yang menyerap ke dalam daging. Setiap gigitan berikutnya akan semakin membuat bibir terasa terbakar dan lidah merasakan kelezatan pedasnya. 

Kemudian, aroma harum daun seledri akan memberikan sentuhan segar yang menyeimbangkan panasnya rasa pedas. Daun seledri juga memberikan tekstur yang berbeda ketika dikunyah, memberikan pengalaman makan yang lebih menarik.

Tips:

  • Selain daun seledri, bisa juga ditambahkan irisan bawang merah atau cabai sebagai garnish lainnya.
  • Hidangan ini sangat cocok disajikan dengan nasi putih dan sayuran hijau.

Penutup

Ayam goreng pedas dengan daun seledri adalah hidangan yang tak terlupakan dengan perpaduan rasa pedas, gurih, dan segar yang sempurna. Hidangan ini cocok dinikmati bersama keluarga dan teman-teman sebagai hidangan utama yang istimewa. Selamat mencoba 😊

Post a Comment