Sensasi Krispi! Resep Ikan Goreng Fillet ala Restoran Cepat Saji

Sensasi Krispi! Resep Ikan Goreng Fillet ala Restoran Cepat Saji

Ikan goreng fillet adalah hidangan yang terdiri dari irisan daging ikan yang telah dilapisi dengan adonan tepung dan kemudian digoreng hingga kecokelatan dan renyah. Hidangan ini sangat populer di banyak negara dan dapat disajikan sebagai makanan penutup atau hidangan utama.Untuk makanan satu ini tentu saja sangatlah mudah kita dapatkan dimanapun, dan jika sudah berbicara tentang ikan salah satu hal dalam pikiran kita tentu apakah tulangnya banyak atau tidak. Ikan goreng fillet yang telah dipotong-potong dan dibumbui dengan bumbu dapat menjadi hidangat yang lezat dan menggugah selera.

Untuk membuat ikan goreng fillet, pertama-tama, ikan segar seperti ikan salmon, ikan kakap, atau ikan tenggiri biasanya dipilih sebagai bahan utama. Ikan dibersihkan dan diiris menjadi potongan fillet yang tipis dan lebar. Disini saya menggunakan jenis ikan layang yang ukurannya lebih kecil.

Bahan-bahan:

  • 2 ekor ikan layang ukuran sedang
  • 1/2 jeruk Nipis
  • 1sendok teh Rosemary
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 5sendok makan tepung maizena
  • Bawang putih bubuk
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Penyedap rasa
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Bersihkan Ikan, lalu langsung di fillet.
  2. Siapkan wadah dan lumuri ikan dengan jeruk nipis,garam,rosemary dan penyedap rasa. Diamkan selama 10 Menit agar bumbu meresap kedalam daging ikan.
  3. Fillet ikan dilapisi dengan adonan tepung. Adonan tepung dapat terbuat dari tepung terigu biasa yang dicampur dengan sedikit garam, merica, dan rempah-rempah seperti bawang putih bubuk untuk memberikan cita rasa tambahan.
  4. Fillet ikan kemudian digulingkan dalam adonan tepung hingga semua permukaannya tertutup dengan merata.
  5. Panaskan wajan untuk menggoreng, proses menggoreng yang kita gunakan adalah teknik Deep frying, minyak dipanaskan dalam penggorengan hingga mencapai suhu yang tepat.
  6. Masukkan ikan, goreng hingga kecokelatan dan renyah lalu tiriskan ikan goreng fillet diangkat dan diletakkan di atas kertas penyerap untuk menyerap kelebihan minyak.
  7. Tata ikan goreng fillet diatas piring yang telah disiapkan.
  8. Siap dihidangkan.

Tips dan Variasi Penyajian:

  • Saus Tambahan: Selain saus tartar, saus sambal, atau saus tomat, Anda dapat mencoba variasi saus seperti saus rempah-rempah Thailand atau saus kecap manis dengan tambahan cabai rawit untuk sentuhan pedas.
  • Aroma Tambahan: Tambahkan ke dalam adonan tepung beberapa rempah aromatik seperti daun ketumbar cincang, serai, atau jahe parut untuk meningkatkan aroma dan citarasa hidangan.
  • Marinasi Kreatif: Coba marinasi ikan dengan campuran bumbu yang berbeda seperti campuran bawang putih, jahe, dan kecap asin untuk rasa yang lebih kompleks.
  • Pelapis Tepung Alternatif: Selain tepung terigu dan maizena, Anda bisa bereksperimen dengan menggunakan tepung beras atau tepung jagung untuk pelapis yang lebih renyah.
  • Teknik Penggorengan: Selain deep frying, Anda bisa mencoba teknik penggorengan lain seperti shallow frying dengan sedikit minyak untuk mengurangi jumlah minyak yang digunakan.
  • Penyajian Kreatif: Untuk penyajian yang lebih menarik, sajikan ikan goreng fillet dengan irisan lemon dan potongan peterseli di atas piring yang dihias dengan sayuran segar. Ini akan memberikan tampilan yang lebih menarik dan segar pada hidangan.
  • Pelengkap Variatif: Selain nasi putih, kentang goreng, atau salad, Anda juga bisa mencoba pelengkap lain seperti nasi goreng, mie goreng, atau sayuran panggang untuk variasi yang lebih beragam dalam penyajian hidangan ini.

Dengan beberapa tips dan variasi ini, Anda dapat menciptakan ikan goreng fillet yang lebih kreatif dan menggugah selera sesuai dengan preferensi dan selera Anda.

Penutup

Ikan goreng fillet biasanya disajikan dengan saus tambahan seperti saus tartar, saus sambal, atau saus tomat. Beberapa variasi juga dapat mencakup tambahan bahan seperti irisan lemon, potongan peterseli, atau irisan sayuran segar untuk memberikan sentuhan segar pada hidangan.

Ikan goreng fillet dapat disajikan dengan nasi putih, kentang goreng, atau salad sebagai pelengkap. Hidangan ini sangat cocok disantap sebagai hidangan utama dalam makan siang atau makan malam, dan dapat dinikmati oleh siapa saja yang menyukai makanan laut. Hidangan ini tidak hanya lezat, tetapi juga mudah disiapkan di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana. Semoga mencobašŸ˜Š

Post a Comment